DAILY ACTIVITIES WITH FREE/OPENSOURCE SOFTWARE (FOSS)


Computer adalah barang yang sangat membantu aktivitas manusia dan telah menjadi menu wajib. Computer digunakan dari kalangan rumah tangga hingga instansi besar dan company (enterprise), dari kegiatan studi hingga kegiatan produksi, bisnis jasa dan bisnis manufacture. Dalam aktivitas sehari-hari manfaat computer membantu dapat menunjang layanan informasi. Internet yang kita nikmati menggunakan PC (Personal Computer) atau laptop, bahkan handphone. Internet membantu dalam browsing, searching, chating, bloging, membuat web, dan dapat melakukan transfer data melalui FTP (File Transfer Protocol). Aplikasi free software (opensource) pun dapat dinikmati khalayak umum. Kemajuan dunia maya yang dibantu dengan perkembangan teknologi menjadi alat bantu bagi manusia. Perkembangan teknologi free software menjadikan makna bahwa untuk menguasai teknologi tidak membutuhkan biaya yang mahal, asal ada kemauan dan niat untuk mengembangkan free software. Kemunculan teknologi free software bukan menjadikan pembuatan software sebagai ladang bisnis atau komersialisasi dengan motif ekonomi, namun perkembangan free software ini telah memanusiakan manusia selayaknya dengan menghargai hak karya intelektual tanpa adanya pembajakan. Beberapa negara berkembang di benua eropa telah mengembangkan free software untuk kegiatan enterprise, dan kini telah merambah ke negara-negara di asia.

Lebih jelasnya aplikasi free software untuk browser terdapat pada firefox, kegiatan office menggunakan open office, blogging menggunakan wordpress, mambo, auracms. Beberapa free software pengembangan untuk enterprise pada dunia industri atau company dengan menggunakan sistem ERP yang berbasis pada software yaitu compiere, Gnue, Openbravo, Opentaps, open MFG, Tiny ERP, dimana kesemua software tersebut dapat didownload melalui www.sourceforge.net. Tentunnya aplikasi free software ini masih banyak lagi.

Dilematis kiranya jika seorang kaum terdidik lebih menyukai bajakan dibandingkan dengan originalitas, sekiranya tindakan membajak adalah suatu kegiatan kriminal dan tidak menghargai hak karya intelektual. Kemudahan dari aplikasi free software adalah adanya bawaan sourcecode. Polemik ini membuat suatu paradoks pada pemakaian software antara MS Windows dan software berbasis opensource. Banyaknya kiranya para kaum intelek ini menggunakan dan kecanduan MS Windows, dan ini tentunya harus ditanggulangi pada culture support. Meskipun institusi berdalih telah memiliki aplikasi propietary MS Windows yang telah tersertifikasi oleh salah satu vendor. Dari hal tersebut pada implemantasinya para siswa didik atau mahasiswa belum mendapatkan mata kuliah untuk penggunaan opensource atau free software. Dari tingkat pendidikan ini diharapkan dapat mendukung dalam proses penghematan biaya dan mengurangi ketergantungan software comersil.

Free/open source software (FOSS) adalah Semua perangkat lunak bebas adalah perangkat lunak kode terbuka, tapi sebaliknya perangkat lunak sumber terbuka belum tentu perangkat lunak bebas, tergantung kaidah yang dipakai dalam melisensikan perangkat lunak sumber terbuka tersebut. Inilah sebuah revolusi dari teknologi yang di gawangi Richard Stallman seorang hacker di MIT (Massachusetts Institute of Technology) salah satu universitas terbaik dibumi ini yang telah mengeluarkan beberapa lulusan, yang merelakan keluar dari laboratorium MIT dan berjuang untuk membuat Sistem Operasi yang Free (FOSS). Sehingga proyek yang dibuatnya adalah 100% free. Dalam sebuah gerakan melawan arus pada saat itu, yang dianggap sekedar khayalan dan proyek yang tidak mungkin. Ketika dunia mulai meratifikasi hak kepemilikan akan software ternyata para ilmuwan ini menolak untuk konsep kepemilikan ini. Karena mereka masih mengakui bahwa teknologi informasi tidak bisa menjadi kepemilikan pribadi, seperti yang saat ini dikuasai Microsoft. Dalam gerakan teknologi ini ada dua gerakan yang mendominasi yaitu FSF (Free Sotware Foundation) dan OSI (Open Source Initiative), dalam prakteknya dua gerakan ini berbeda dalam prinsip. Tetapi mereka tetap berjuang dan saling dukung dalam gerakan Free and Open Source Software (FOSS). Dalam mengambil term “free” ini bisa diartikan sebagai “freedom” (kebebasan). Kebebasan untuk menjalankan program untuk mencapai tujuan apapun yang diinginkan, kebebasan untuk mempelajari dan memodifikasi , kebebasan untuk mengcopy dan kebebasan untuk memperbaiki dan merelease perbaikan tersebut sehingga menguntungkan seluruh komunitas.

Dan dari kriteria tersebut kita dapat menjadikan sebuah software bisa memiliki lisensi open source, namun “open source” belum tentu bebas. Karena ada batasan-batasan atau limitasi yang harus dipenuhi dalam menggunakan aplikasi ini. Kriteria yang dimiliki free software ini tentunya memberikan keleluasaan bagi pengguna dalam mengembangkan, memodifikasi, mengubah, mendesain dengan ditambahkan beberapa fitur sesuai dengan kebutuhan untuk dicopy dan disebarkan pada khalayak umum pengguna. Tidak seperti yang kita dapatkan dari rental software dengan jumlah uang tertentu kita dapat mengcopy dan mendapatkan serial numbermya. Tetapi itu adalah sebuah praktek pembajakan sebagai ketidakjujuran akademisi. Demikian juga dengan budaya akademis kita yang biasa menggunakan perangkat berlisensi yang akhirnya dengan terpaksa kita dapatkan dengan “membajak”. Mungkin sebagai contoh jika kita mengikuti perkuliahan “sebut saja kuliah X” kita diajarkan bagaimana menggunakan “mungkin Office, spss dll” dan ternyata berlisensi. Demikian juga dengan platform sistem operasinya, mau tidak mau kita harus menyesuaikan dengan OS (Operating System) yang bisa menjalankan aplikasi tersebut, dan celakanya lagi OS kita juga bajakan. Dan inilah yang berkelindan dan terus menerus terjadi di dunia pendidikan kita. Dari ketidaksadaran, mungkin juga karena terbuai dengan iming-iming motif ekonomi akhirnya kita banyak belajar dari bajakan. jalan yang sudah dibuka oleh Free Software maupun Opensource ternyata belum membuka mata dan pikiran kita untuk berbuat yang lebih baik bagi dunia ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s