Berkontribusi untuk Open Source Melalui Tulisan


Begitu banyak orang yang menyangka bahwa dan jika kita ingin berkontribusi pada aplikasi open source, hal itu dilakukan dengan cara membuat, terlibat dalam pembuatan kernel, aplikasi didalamnya atau menjadi aktifis open source, seperti yang di lakukan teman-teman GOS-ELTRUMS di Elektro UMS, FOSTI di Informatika UMS dan POSS UMS (Pusat Studi Pengembangan Open Source Software UMS) suatu lembaga yang yang bergerak pada penelitian open source software. Disisi lain, kemampuan memahami kernel, aplikasi bukanlah persoalan mudah bagi setiap orang dan apalagi jika jadi aktifis open source… kita perlu dan harus meluangkan banyak waktu di lapangan.

apakah dengan demikian, artinya berkontribusi itu tertutup? Tentu saja tidak. Kita tetap dapat berkontribusi dengan cara lain yang mudah dan bermanfaat yaitu melalui tulisan. tulisan yang bermanfaat tidak harus dalam bentuk tutorial atau tips. Disisi lain, opini, kritik yang membangun maupun kisah-kisah sukses penggunaan aplikasi open source baik secara personil, dunia pendidikan dan perusahaan akan sangat bermanfaat bagi yang lain.

Menulis artikel adalah salah satu kegiatan yang mudah, bisa dilakukan ketika sedang di jalan (naik bus) atau sedang di kantin ketika makan siang. Tulisan kitapun, bisa kita publik melalui blog pribadi, madding dan media yang lainnya.

Jika kita sudah menulis, apapun bentuknya, itu berarti kita membantu orang lain dan menghindari orang lain ataupun diri kta sendiiri untuk buang-buang waktu percuma. Kita bisa membantu untuk mengerjakan hal tersebut dengan cara yang lebih efektif atau justru memiliki waktu untuk mengerjakan hal yang lain.

Kontribusi metulisan juga dan bukan  monopoli aktivis open source semata. Semua orang semestinya mendorong dirinya sendiri menulis berbagai hal yang bermanfaat agar bisa berguna bagi orang lain. Kita bisa menghemat banyak waktu, tenaga, dan biaya yang dibutuhkan oleh orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s