Karakter tidak bisa digantikan!!!


Karakter, akhirnya selalu menjadi penilaian akhir akan seseorang. Namun dalam prosesnya, sering sekali pembentukan karakter tidak diarahkan. Namun kucuk-kucuk yang dikader bukan penguasaannya akan lapangan saja yang di nilai tapi juga pribadinya dan karakternya.

Dalam proses pengkaderan, yang sering saya lihat (saat ini..bukan sejarah dan sudah berlalu). Transfer visi, dipersiapkan untuk bisa menganalisa perubahan seakan-akan menjadi yang paling utama dilakukan kepada orang-orang yang dikader. Namun ketika Visi sudah dia terima semua, keadaan juga sudah dia pelajari dan dia memiliki kemampuan untuk melanjutkan perjalanan organisasi. Tapi buntutnya dinilai karakter dan sering dari karakter seseorang dianggap kurang cocok jadi pemimpin. Dimana salahnya ? salah kah dia yang sudah dikader ? Kenapa tidak sekalian dia dikader untuk memiliki karakter seorang pemimpin. Kenapa orang muda yang dikader itu dibiarkan tumbuh sendirian dalam hal karakter??

Pengkaderan memang bukan sesuatu yang mudah. Ini suatu yang sangat jangka panjang. Bukan hanya transfer Visi berarti sudah dikader. Namun Transfer Hidup adalah pengkaderan yang paling efektif. Karakter akan berubah, kapabila sejak awal ditekankan penanaman nilai-nilai kehidupan dan karakter kepada semua orang yang akan dikader.

Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s