Globalisasi informasi


Globalisasi informasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia dunia melalui informasi. Dengan adanya teknologi internet dan jaringan telekomunikasi nirkabel, manusia semakin mudah untuk berhubungan satu sama lain. Seperti tidak ada jarak yang memisahkan seorang dibenua satu dengan benua yang lain. Semua berkembang begitu cepat dan distribusi informasi seperti tidak terbatas.

internet1

Seseorang tidak harus menuju wilayah x untuk mencari informasi di tempat x itu. melainkan tinggal menggunakan media komunikasi yang ia miliki. contohnya adalah internet, telpon, tv kabel dll. kelebihan tersebut juga mempunya sisi negatif adalah perkembangan globalisasi informasi adalah budaya outsourching yang banyak terjadi, seperti yang banyak terjadi di India, dimana para insinyur di India sering mengerjakan proyek IT yang diberikan oleh perusahaan dari eropa maupun amerika utara. Dengan teknologi internet, proyek bisa diberikan di waktu malam waktu amerika, yang mana saat itu berarti waktu pagi di India. Lalu, dikerjakan oleh para insinyur India, lalu di kirimkan kembali ke amerika di waktu sore hari di India, yang mana berarti waktu pagi untuk di Amerika. Sebuah pola pengerjaan yang sangat menghemat waktu tentunya.

Adanya globalisasi informasi ini, tentunya bentuk persaingan teknologi semakin cepat. Sekarang semua hasil teknologi yang baru di temukan atau di kembangkan bisa dengan cepat diketahui oleh masyarakat dunia. Adanya beberapa situs teknologi seperti discovery.com.. memberikan suatu kesempatan kepada masyarakat dunia untuk melihat teknologi apa yang berkembang. Sehingga persaingan dalam teknologi tidak hanya sebatas menemukan sesuatu, tetapi bagaimana mengembangkan sesuatu agar lebih humanis dan ekonomis.

6 thoughts on “Globalisasi informasi

  1. Ada lagi yang saya ingin tantang dari kecanggihan tekhnologi. Semahal-mahalnya Handphone masih sama dengan yang paling murah. Punya kesempatan yang sama untuk hilang. Gimana ya kalau HPnya ketinggalan begitu menjauh, alarm HPnya ‘teriak2’ takut ketinggalan. Hehehe. HP teman saya hilang barusan, katanya kira2 waktu dr rumah saya. Ada rasa tidak enak. Tapi obsesi tadi sudah lama. Ok senang berkunjung ke blog anda. Saya Rahman Wahyu, salam kenal!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s