TUGAS PERKEMBANGAN KEHIDUPAN PRIBADI, PENDIDIKAN dan KARIER, dan KEHIDUPAN BERKELUARGA


TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

TUGAS PERKEMBANGAN KEHIDUPAN PRIBADI, PENDIDIKAN dan KARIER, dan KEHIDUPAN BERKELUARGA

1.      Pengertian :

a.    Sikap

  • Menurut Petty Cocopio, 1986

Sikap adalah evaluasi umum yang dibuat manusia terhadap dirinya sendiri, orang lain, objek atau issue. Sikap terdiri dari 3 komponen ang saling menunjang, yaitu : Kognitif, Afektif, dan Konatif.

  • Menurut Soekidjo Notoatmojo, 1997

Sikap adalah merupakan reaksi atau respon seseorang yang masih tertutup terhadap suatu objek.

  • Menurut Heri Purwanto, 1998

Sikap adalah pandangan-pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak sesuai sikap objek tersebut.

b.   Nilai

Perkataan “nilai” dapat ditafsirkan sebagai ” makna” atau “arti” (worth) sesuatu barang/benda. Hal ini mempunyai pengertian bahwa sesuatu barang/benda akan mempunyai nilai bagi seseorang jika barang/benda tersebut memberi makna atau arti bagi seseorang tersebut.

c.    Moral

Moral membicarakan persoalan yang betul atau salah, apa yang perlu dilakukan dan ditinggalkan atas sebab-sebab tertentu dan dalam keadaan tertentu. Moral merupakan cara melihat dan menilai sesuatu isu berhubung dengan sesuatu tingkah laku berdasarkan pandangan jagat dan budaya sesuatu masyarakat.

2.      Pengertian :

a.    Strategi

Strategi belajar adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien, bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran. Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian pula, yaitu:  exposition-discovery learning dan group-individual learning

b.   Metode

Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya: ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, laboratorium,  pengalaman lapangan, brainstorming, debat, simposium, dan sebagainya

c.    Pendekatan

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).

3.      Lebih Memilih Teratai,

Karena bunga Teratai lebih cantik, tidak berduri, memiliki warna yang lebih lembut dibandingkan dengan bunga Mawar. Bunga Teratai adalah bunga yang dapat menyesuaikan diri dengan baik, bisa hidup dengan baik diair yang bersih maupun yang berpolusi dengan kata lain bunga teratai mudah beradaptasi dan bersosialisasi dilingkungan sekitar. Walau bunga Teratai sangat tergantung dengan air, sama halnya dengan kita yang tergantung dengan alam sekitar dan orang lain. Hal yang tak masuk akal jika manusia mampu hidup tanpa bantuan orang lain, karena manusia adalah makhluk sosial, bukan makhluk individual. Teratai hidup dengan baik diair yang tenang, tidak kalah penting Teratai memiliki peran sebagai pelindung dan pengayom karena memiliki daun yang lebar, yang memiliki banyak fungsi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s