Fitur-Fitur MediaWiki


MediaWiki adalah sebuah paket perangkat lunak wiki yang menggunakan lisensi GNU General Public License. MediaWiki merupakan perangkat lunak yang dibuat secara khusus untuk Wikipedia dan proyek-proyek lainnya dari Yayasan Wikimedia, tetapi sekarang ini sudah digunakan secara luas.

MediaWiki dibuat dengan menggunakan PHP dengan texvc untuk proses render simbol-simbol matematika, dan menggunakan sistem manajemen basis data relasional MySQL. Logonya menyimbolkan bagaimana bahasa markahnya menggunakan kurung siku ganda (“[[“,”]]”) untuk menggabungkan artikel-artikel. MediaWiki mampu untuk bekerjasama dengan perangkat lunak lainnya untuk meningkatkan unjukkerja dan kemampuannya antara lain dengan memcached, sebuah sistem squid cache dan TeX sebuah math rendering. Dengan menggunakan extension dan hook system, pengguna dapat menambahkan fitur-fitur yang mereka buat untuk digunakan di MediaWiki.

Dengan EasyPHP di komputer, MediaWiki dapat dipasang dengan langkah-langkah mudah sebagai berikut:

1. Unduh berkas mediawiki-1.12.0.tar (sekitar 7 MB).
2. Ekstrak berkas tersebut sebagai folder mediawiki-1.x.x beserta berkas-berkasnya (sekitar 24 MB) pada folder www tempat pemasangan EasyPHP. Misalnya di C:\Program Files\EasyPHP\www.
3. Ubah nama folder tersebut menjadi nama yang diinginkan.
4. Klik kanan ikon EasyPHP, kemudian pilih Web Lokal.
5. Klik (nama folder MediaWiki)/ pada web browser, sehingga web browser akan menuju ke alamat:
* (alamat ip)/(nama folder MediaWiki)
6. Pada halaman tersebut, klik set up the wiki, web browser akan menuju ke halaman penginstalan yang beralamat di:
* (alamat ip)/(nama folder MediaWiki)/config/index.php (MediaWiki 1.12.0 Installation)
7. Pada halaman tersebut, berikan data-data yang diperlukan sebagai berikut:

Konfigurasi

Site config

1. Wiki name, jangan:
* dikosongkan,
* MediaWiki,
* memakai karakter #.
2. Contact e-mail, default: admin@localhost. Ganti jika perlu.
3. Language, default en – English. Dapat dipilih id – Bahasa Indonesia.
4. Copyright/license, default: No licence metadata. Ganti pilihan jika perlu.
5. admin user, default: WikiSysop. Ganti jika perlu.
6. Password dan Password confirm. Isilah dengan isian yang sama, tidak dapat dikosongkan.
7. Object caching, default: No caching. Ganti pilihan jika paham dengan Memcached, sehingga harus mengisi isian berikutnya, Memcached servers.

E-mail, e-mail notification and authentication setup

* Ada empat konfigurasi yang dapat diatur di bagian ini. Silakan atur sesuai kebutuhan. Untuk penggunaan offline, pilih saja Disabled untuk keempat konfigurasi.

Database config

1. Database type hanya ada satu pilihan MySQL. Ya sudah, lah.
2. Database host, default localhost. Tidak perlu mengganti, kecuali ada perubahan database host dari localhost ke nama yang lain.
3. Database name, default wikidb. Ganti jika perlu.
4. DB username, default wikiuser. Ganti jika perlu.
5. DB password dan DB password confirm. Isilah dengan isian yang sama, tidak dapat dikosongkan.
6. Superuser account. Beri tanda centang pada Use superuser account.
7. Superuser name, default root. Tidak perlu mengganti.
8. Superuser password, default kosong. Tidak perlu diisi jika tidak ada perubahan konfigurasi EasyPHP. Ingat, default konfigurasi EasyPHP untuk root adalah tanpa password.
9. Database table prefix. Isi jika perlu. Sebaiknya tidak usah diisi.
10. Storage engine. Ada dua pilihan:
* InnoDB, pilihan terbaik untuk penginstalan web publik. Sebaiknya pilih ini.
* MyISAM, lebih cepat pada penginstalan pribadi. Namun lebih sering rusak daripada database InnoDB.
11. Database character set. Default Backwards-compatible UTF-8. Sebaiknya tidak usah mengganti pilihan.

Pemasangan

1. Klik tombol [Install MediaWiki!], akan ada halaman dengan pesan Checking environment…. Tunggu sebentar bebeberapa detik. Jika pemasangan berhasil, akan ada pesan Installation successful! pada halaman tersebut.
2. Pindahlah berkas LocalSettings.php dari folder config ke folder tempat mediawiki.
3. Klik this link pada halaman tersebut
4. Jika berhasil, browser akan menuju ke alamat:
* (alamat ip)/(nama folder MediaWiki)/index.php/Halaman_Utama (untuk pilihan bahasa antarmuka Bahasa Indonesia)

Sumber: http://id.wikibooks.org/wiki/Cara_Mudah_Memasang_MediaWiki_dan_WordPress

Fitur – Fitur MediaWiki :

Multimedia dan ekstensi

* Fitur meng-upload file untuk meng-upload gambar atau file suara, lihat Istimewa: Upload untuk melihat di operasi, dan Meng-upload file untuk deskripsi. Upload file tercantum pada Perubahan Terkini dan mereka juga log on Special: Log / upload.
* Rumus matematika menggunakan sintaks LaTeX: lihat texvc
* Resize otomatis foto menggunakan ImageMagick atau libgd, sintaks sederhana untuk keterangan gambar dan gambar keselarasan
* WikiHiero untuk Hieroglip Mesir (kebutuhan komponen diinstal terpisah)
* EasyTimeline untuk waktu grafik (kebutuhan komponen diinstal terpisah)

Melacak suntingan

* Watchlist Setiap halaman memiliki link “Lihat artikel ini untuk saya”. Gunakan Special: Watchlist untuk melacak perubahan pada artikel yang Anda dinyatakan sebagai menarik, artikel menyaksikan juga tebal pada perubahan terakhir daftar.
* Kontribusi pengguna di sidebar setiap halaman pengguna daftar semua artikel pengguna telah bekerja pada, menurut database.
* Extended perubahan terbaru dengan runtuh dinamis mengedit artikel yang sama dan cepat untuk diff link edit, menampilkan artikel sejarah, menampilkan halaman pengguna, menampilkan halaman pembicaraan pengguna, atau memblokir pengguna (untuk Pengurus)
* “Terkait perubahan”: Melihat versi disaring perubahan terbaru terhadap halaman yang terhubung dari halaman saat ini.
* Side-by-side diffs – diffs ditampilkan di sisi-by-side, dan mengganti bagian-bagian dari garis tersebut disoroti, sehingga lebih mudah untuk melihat apa apa. Selain itu, diff ditampilkan selama konflik penyuntingan sehingga Anda dapat melihat apa yang kamu perlukan untuk mengintegrasikan kembali.
* Nama asli. Pengguna dapat (secara opsional) menetapkan “nama asli” yang ingin mereka gunakan untuk penulis kredit.
* Pada halaman kredit. Administrator dapat aktifkan pada halaman-ayat memberikan kredit kepada editor yang telah bekerja pada sebuah halaman.

Struktur dan syntax

* Secara default, hanya Pembatasan penggunaan HTML diperbolehkan. Ada pilihan untuk memungkinkan penggunaan penuh dari HTML.
* Mengedit sintaks berdasarkan UseMod, dengan dukungan untuk mencampur sintaks wiki dan HTML. Hanya link gratis didukung untuk menghubungkan, tidak CamelCase (keputusan desain yang disengaja).
* Namespaces konten memungkinkan pemisahan (untuk mengatasi namespace, gunakan [[Ruang nama: Page title]] syntax).
o Diskusi (Bicara:) halaman terpisah dari halaman artikel, “meta” halaman proyek dapat dipisahkan dari halaman konten, gambar yang digunakan untuk halaman deskripsi gambar.
o MediaWiki: Namespace berisi semua teks antarmuka pengguna, sehingga mereka dapat diedit seperti halaman wiki lainnya
o Templat: namespace untuk pesan kustom. Template mungkin berisi variabel string yang diganti dengan nilai-nilai tertentu dilewatkan ke template dari halaman menelepon.
* Templat halaman sewenang-wenang dalam namespace: ((: Page Nama)). See Templates Lihat Template
* Dukungan untuk Subpages (link ke “Foo / Bar” dari “Foo” dengan hanya mengetik “/ Bar”, “Foo / Bar” berisi backlink untuk “Foo”), ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan oleh namespace (misalnya, Wikipedia saat ini mendukung Subpages pada halaman diskusi, untuk membuat pengarsipan mudah, dan pada halaman pengguna, untuk memberikan ruang bagi pengguna halaman pribadi)
* Khusus dinamis kata kunci untuk memasukkan data seperti nama halaman, tanggal, jumlah artikel, dll
* Beberapa Kategori dapat digunakan untuk setiap halaman, termasuk kategori sendiri, menciptakan hirarki kategori. CKategori halaman daftar secara otomatis semua halaman yang ditugaskan kepada mereka, termasuk sub-kategori. Kategori memungkinkan hirarki klasifikasi dan browsing dari konten.

Penyuntingan

* Bagian pengeditan. Pemakai dapat mengaktifkan salah satu pilihan yang memungkinkan mereka untuk mengedit setiap bagian dari sebuah artikel (dipisahkan oleh berita utama) daripada memuat seluruh artikel.
* Toolbar (JavaScript-based) untuk memformat teks seperti tebal, miring dll (sepenuhnya bekerja di Mozilla dan IE, browser yang lain menggunakannya untuk menunjukkan sintaks, tetapi tidak dapat memformat teks dalam textarea karena implementasi JavaScript tidak mendukung hal itu). Jika JavaScript dinonaktifkan, toolbar tidak ditampilkan.
* Ringkasan suntingan yang ditampilkan dalam “perubahan terbaru”. Akan prefilled dengan judul bagian ketika bagian pengeditan.
* Klik dua kali mengedit: Pengguna dapat mengaktifkan salah satu pilihan yang memungkinkan mereka untuk mengedit artikel dengan mengklik ganda mereka.
* Edit preview (dapat ditampilkan sebelum atau sesudah kotak edit)
* Sunting menangani konflik (halaman yang disimpan oleh pengguna sementara masih sedang diedit oleh yang lain, kemudian disimpan lagi). MediaWiki akan menggabungkan perubahan tersebut secara otomatis jika mungkin dan sebaliknya meminta user untuk melakukan penggabungan manual.
* Tandai suntingan sebagai minor; pengguna dapat memutuskan untuk menyembunyikan suntingan tersebut dari daftar perubahan terbaru. Hanya pengguna terdaftar dapat menandai suntingan sebagai minor.

Spam dan Perusakan

* Fitur anti-spam: Mencegah link spamming, dan bentuk-bentuk lain yang melanggar mengedit.
o meta: Spam blacklist: Daftar nama domain spammer di mana pengguna tidak diperbolehkan untuk dihubungkan.
* Manual: Memerangi vandalisme: berguna petunjuk dan link ke beberapa ekstensi untuk menangani vandalisme

Multibahasa mendukung

* Diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa (lihat en: Wikipedia: Koordinasi multibahasa untuk informasi lebih lanjut)
* Pranala antarbahasa: metode praktis untuk menghubungkan artikel antara wiki dalam berbagai bahasa (setiap bahasa memerlukan database-nya sendiri)
* UTF-8 support

Permissions

* Hak yang berbeda untuk pengguna anonim, pengguna terdaftar, Pengurus, birokrat dan pengembang.
* Masuk pengguna dapat:
o memindahkan dan mengubah nama halaman
o meng-upload file
o memiliki dan menggunakan suatu daftar pantauan
o menandai suntingan sebagai suntingan kecil (misalnya, koreksi typo)
* Admin / Pengurus dapat:
o melindungi halaman dari penyuntingan
o menghapus dan penghapusan halaman
o sunting halaman yang dilindungi
o Larangan pengguna dengan alamat IP
o Larangan pengguna dengan nama pengguna, jika opsi ini diaktifkan
o menjalankan SQL queries pada database, jika opsi ini diaktifkan (lihat Extension: Asksql)
* Birokrat dapat:
o membuat Pengurus
o nama pengguna
o flag bots
* Pengembang dapat:
o mengunci basis data
o menjalankan berbagai tugas pemeliharaan
* Skema izin lainnya (misalnya hanya ditandatangani pengguna dapat mengedit halaman) dapat dikonfigurasi.

Pencarian dan Pertanyaan

* Pencarian teks lengkap
* “Go” tombol memungkinkan penampilan langsung artikel tertentu isi (mencoba dekat pertandingan jika tidak ada persis hit)
* “Apa yang link di sini”: Lihat halaman yang memiliki pranala ke halaman yang aktif (backlinks)
* Laporan khusus halaman:
o Halaman baru: Daftar artikel yang baru dibuat
o Kuno halaman: Artikel diurutkan berdasarkan timestamp, menaik
o Daftar gambar
o Daftar pengguna
o Site statistics
o Yatim artikel (artikel yang tidak memiliki link yang menunjuk ke mereka)
o Orphaned gambar
o Popular artikel (artikel oleh jumlah kunjungan, bekerja hanya jika counter diaktifkan)
o Kebanyakan ingin artikel (tidak ada artikel yang diurutkan berdasarkan jumlah link yang menunjuk ke mereka)
o Artikel pendek
o Artikel panjang
o Daftar semua halaman menurut judul
* Query API – scripted memungkinkan akses ke berbagai metadata.

Sumber :

http://www.mediawiki.org/wiki/Manual:MediaWiki_feature/
Incoming search terms for the article:

* mediawiki
* artikel mediawiki
* langkah2 menjalankan easyphp
* media wiki
* mediawiki menampilkan artikel terbaru
* menampilkan ketegori mediawiki
* mengatasi pesan no license daftar domain
* rumus laporan sintak dalam 1 halaman dengan php
* simbol koreksi penyuntingan
* simbol-simbol di sintak di php

One thought on “Fitur-Fitur MediaWiki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s