Mesh Network jaringan cerdas, luas dan tanpa putus


jaringan meshMesh network adalah sebuah jaringan dimana setiap perangkat jaringan yang terkoneksi membentuk sebuah ring atau mesh yang kalau kita bayangkan seperti
payung besar. Jika kita pergi ke sebuah acara pameran besar, maka kita akan melihat tenda-tenda yang dibangun membentuk sebuah payung yang sambung menyambung sehingga bisa manjangkau area yang lebih luas sampai tidak terhingga. Jika kita melihat tenda-tenda sambung menyambung membentuk payung-payung yang saling berhubungan begitulah mesh network. Karena menggunakan konsep mesh network user bisa bergerak secara mobile dalam jaringan mesh tanpa perlu takut terputusnya sambungan ke pusat informasi atau sebuah server dengan ketentuan tertentu. Sama seperti jika kita menggunakan telepon genggam, kita tak perlu takut terputus, dan kita tidak perlu tau dimana saja BTS nya ditempatkan. Begitu juga jika kita membuat sebuah jaringan mesh sepanjang 12 Km dimana sepanjang jarak tersebut kita pastikan tidak ada blank spot maka jika kita berjalan membawa sebuah perangkat wifi, kita akan selalu terkoneksi ke jaringan tanpa henti.

Dalam membangun jaringan mesh dengan jumlah target user yang berada di bawahnya maka perangkat mesh ditempatkan sesuai dengan kemampuan perangkat yang digunakan supaya tidak terlalu dekat atau tidak terlalu jauh dengan sesama perangkat mesh lainnya. Tujuannya supaya jika pada suatu waktu ada perangkat yang bermasalah atau rusak maka perangkat mesh terdekat akan mengambil alih tugas dari perangkat mesh yang rusak tadi. Mesh Network ini flexibel dan sangat mudah diterapkan pada area dimana tidak memungkinkan penarikan jaringan kabel data, serat optik dan lain-lain.

 Untuk membangun jaringan mesh yang luas, memang membutuhkan lebih banyak perangkat ketimbang membangun sebuah Access Point saja. Namun ketersediaan jaringan kepada user lebih tinggi dan ini merupakan nilai tambah
yang penting. Solusi Mesh Network sekarang ini semakin luas penggunaanya pada area Broadband Metropolitan Network, Service Provider Network, Public Safety Network, Campus Network, Kilang Minyak dan Gas Bumi, dan  sektor industri lainnya. Kenyataan dilapangan, sebuah jaringan yang handal menghadapi beberapa tantangan khususnya dalam membangun sebuah Wireless Mesh Network, yaitu Kapasitas Jaringan, Efisiensi Routing, Roaming yang cepat dan efisien, Kualitas Layanan Jaringan(Qos) dan Security.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s