Perbedaan Level Mikrotik Router OS


Seperti layaknya router lainnya, Mikrotik juga mempunyai level. Tiap-tiap level mempunyai perbedaan kemampuan dan tentunya harga lisensinya juga. Tapi dibanding dengan produk router lainnya, mikrotik mempunyai keunggulan kemampuan sekaligus harganya.

Mikrotik Level 0

Mikrotik Level 0 ini merupakan trial version dari Mikrotik. Lisensi Mikrotik ini gratis dan tidak membutuhkan lisensi untuk penggunaannya. Tapi di Level 0 ini penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.

Mikrotik Level 1

Mikrotik Level 1 ini merupakan demo version dari Mikrotik. Mikrotik Level 1 ini hanya dapat difungsikan sebagai routing standar  dengan 1 pengaturan. Dengan fungsi yang terbatas itu, Mikrotik Level 1 ini tidak dibatasi dengan limit waktu untuk penggunaannya.

Mikrotik Level 3

Mikrotik Level 3 ini merupakan Mikrotik level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen router ber-interface ethernet. Mikrotik level 3 ini lebih banyak digunakan sebagai CPE/wireless client (Lisensi Level 3CF-CPE), atau point to point. Mikrotik level 3 ini tidak bisa difungsikan sebagai access point dengan multi client.

Mikrotik Level 4

Mikrotik Level 4 ini merupakan Mikrotik level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola wireless client atau serial interface. Mikrotik level 4 inilah yang paling banyak digunakan karena mempunyai harga yang murah. Mikrotik level 3 ini tidak bisa difungsikan sebagai access point dengan multi client dengan 200 user aktif.

Mikrotik Level 5

Mikrotik Level 5 ini merupakan Mikrotik  level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan wireless AP.  Mikrotik level 5 ini bisa digunakan sebagai aplikasi hotspot dengan 500 user aktif.

Mikrotik Level 6

Mikrotik Level 6 ini merupakan Mikrotik semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.  Mikrotik level 6 ini bisa digunakan sebagai aplikasi hotspot dengan user aktif yang tak terbatas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s