dari user jadi root di redhat dan debian OS


disini langakh yg saya terapkan agak sedikit berbeda .. ya boleh di bilang seekdar variasi doank

tutorial diatas bisa juga di terapin di debian , mungkin langkah agak berbeda cuma pada dasarnya tetap sama

1. login ke mesin ( 1. Pastikan anda sudah sebagai root, caranya:
dari konsol ketikkan “id” , apabila muncul uid=0(root) dst….
maka anda telah berada di root. )
2. buat user account
adduser cgi-error
3. bikin password untuk account user cgi-error
passwd cgi-error
4. setelah acount+passwd selesai di buat mari kita olah agar naik pangkat jadi root 😀

nano /etc/passwd

tambahkan baris berikut didalam isi file /etc/passwd

cgi-error:x:0:0:,,,:/home/cgi-error:/bin/bash

atau bisa juga merubah

cgi-error:x:1001:1001:;:/home/cgi-error:/bin/sh
menjadi
cgi-error:x:0:0:,,,:/home/cgi-error:/bin/bash

save as

== selamat akses anda sudah menjadi root ==

Debian sendmail error ketika listrik mati


Cerita boleh cerita… konon katanya server xxx.xx.xx.16 pernah mati lalu di laporkan server hanya bisa di kases dlm jaringan ( local) atau lebih populer mungkin di sebut dalam kawasan privat network.

setelah beberapa hari ada komplen di millis… akhirnya ada waktu juga untuk mengecek,

setelah di cek, semua setting network dan resolv gak ada yang salah, tapi ketika di restart networknya ada jawaban gini

./etc/network/if-up.d/sendmail./etc/network/if-up.d/sendmail./etc/network/if-up.d/sendmail./etc/network/if-up.d/sendmail./etc/network/if-up.d/sendmail./etc/network/if-up.d/sendmail./etc/network/if-up.d/sendmail./etc/network/if-up.d/sendmail./etc/network/if-up.d/sendmail/etc/network/if-up.d/sendmail

setelah tanya ma om….

ternyata ada jawabnya

Ternyata ini disebabkan oleh file /etc/network/if-down.d/sendmail dan /etc/network/if-up.d/sendmail yang bersifat read-only. mungkin Akibat listrik mati, sehingga muncul error dan sendmail tidak mau berjalan. apakah analisa ini betul saya juga masih bertanya??? he2. tapi yang jelas setelah di perintah ini:

# chmod -x /etc/network/if-down.d/sendmail /etc/network/if-up.d/sendmail

server kembali bisa di kases dari luar

thanks for om google yang baik hati.